Cara perbaiki sendiri signal tv satelit parabola | Nonton tv pakai parabola

Cara perbaiki sendiri signal tv satelit parabola

Kejadian yang sering kita temui pengguna tv satelit parabola di rumah manakalah saking asiknya nonton tv tiba-tiba monitor tv muncul text no signal/ tidak ada signal atau pencarian sinyal, sinyal parabola turun padahal cuaca di di luar rumah lagi cerah-cerahnya. Hal ini tidaklah masaalah bagi seorang yang berprofesi teknisi/ instaler, tukang parabola. Bagaimana jika anda orang yang awam dengan dunia tracking, servis peralatan parabola (ODU) ?

Baca juga : Cara cepat seting antena parabola ram dan solid

Pada artikel cara perbaiki sendiri signal tv satelit parabola ini, saya author blog tv-parabola akan mencoba berbagi cara-cara mengetahui penyebab hingga bagaimana memperbaiki sinyal di tv parabol yang hilang berdasarkan pengalaman.

Penyebab tidak ada sinyal tv parabola, rusak, lemah :
  • Cuaca, faktor cuaca sangat mempengaruhi kualitas sinyal menurun bagi pengguna tv parabola terlebih pengguna antena parabola solid (terdiri dari 6 lempengan plat alumunium yang di presisikan menjadi satu bagian), umumnya ukuran dari parabola solid berukuran 6, 8 feet sering di temui di pemukiman.
  • Penggunaan LNB KU, tipe yang rentan akan gangguan cuaca diluar rumah yang berawan tebal, hujan sangat deras. Jenis LNB KU band paling banyak di pakai oleh tv berlangganan (Big TV, Transvision, Orange TV, kecuali Ninmedia Freesat)
  • Receiver/ decoder, kerusakan pada bagian tuner sangat berpengaruh pada kualitas sinyal, bisa saja mengalami penurunan di sertai tampilan pada monitor tv seperti nonton vcd rusak/ suara dan gambar menjadi patah/ cekot=cekotan. Ganti receiver yang sebelumnya berformat mpeg 2, Mpeg 4 sangat di rekomendasikan untuk saat ini terutama audio formatnya suport AAC.
  • Jaringan wifi, ini berpengaruh pada kwalitas sinyal tv parabola yang menggunakan tipe LNB S Band, tv berlangganan Indovision, Okevision, Top tv adalah satu satunya tv berlangganan yang menggunakan jenis LNB S Band.
  • Konektor penghubung yang di tancapkan ke LNB jika patah akan menjadi kendala pada penyaluran signal ke receiver.
  • Kabel penghubung antena parabola yang masuk ke receiver (DVB S) sudah termakan usia penggunaannya menyebabkan bagian dalamnya menjadi rusak, mudah patah atau kemungkinan lain kabel di gigit tikus saat berada di dalam plafon rumah.
  • Arah posisi antena parabola telah berubah, bergeser, tidak tepat lagi mengarah ke satelit tujuan.
  • Antena parabola sudah tidak presisi, angin kencang bisa menjadi penyebab tidak presisinya antena, bekas tertimpah pohon juga penyebab lainnya yang menjadikan ada bagian lempengan antena parabola bengkok, penyot.

Cara periksa besarnya tampilan sinyal di receiver
  • Periksa apakah konektor terpasang dengan baik ke tuner, selalu letaknya di belakang receiver, terpasang pada bagian yang bertuliskan loop in.
  • Tekan tombol INFO di remot kontrol untuk melihat tampilan signal, akan terlihat apakah ada signal dari antena parabola atau tidak. Terdapat dua tampilan signal, umumnya kwalitas signal ada pada bagian bawah, sedangkan tampilan yang satu menunjukkan apakah LNB yang di gunakan masih bagus. Sebelum lanjut pastikan LNB berfungsi dengan baik, kemudian perhatikan kwalitas signalnya.

Cara memperbaiki sinyal tv parabola di antena
  • Periksa kabel rg 6 yang terpasang ke konektor itu bagus dan tidak rapuh, ujung kabel tembaga dari ujung konektor harus keluar kira-kira 3 mm. Cara lain untuk mengetahui apakah kwalitas kabel masih bagus yaitu dengan cara melakukan pencarian sinyal/ tracking ke beberapa satelit, pastikan perangkat antena parabola dan receiver tidak ada yang rusak.
  • Ganti konektor jika sudah rapuh ataupun patah dengan konektor yang baru.
  • Pastikan tiang penyanggah antena parabolah masih tegak lurus seperti pada awal pemasangan.
  • Kendorkan baut-baut yang ada di bagian penyanggah batang penggerak jika tidak menggunakan aktuator/ motor penggerak antena parabola, cobalah untuk menaikkan atau menurunkan arah antena parabola dengan perlahan sambil melihat monitor tv, cara cepatnya dengan menekan tombol INFO di remot jika tidak masuk pada pengaturan antena di menu receiver.

    Baca juga : Cara cari sinyal tv parabola via hp android dan laptop

    Jika belum mendapatkan kualitas sinyal yang baik, coba periksa LNB yang di gunakan, bisa jadi arahnya tidak fokus ke tengah antena, gunakan obeng plus minus untuk perbaikan pada tahap ini. Lanjut lagi cari signalnya hingga mendapatkan kwalitas yang bagus.
  • Lubangi bagian antena parabola jika menggunakan jenis solid/ petal, gunakan alat bor, buatlah lubang secukupnya, hal ini mencegah tergenangnya air di saat hujan, dipastikan antena agan bergeser ke bawah dengan berat beban jika ada genangan air yang tertampung.
  • Pada antena parabola mini offset pakai LNB S Band, tambahkan plat almunium untuk tingkatkan signal selain menghindari gangguan signal jaringan wifi

  • Baca juga : Cara menguatkan sinyal tv parabola mini offset Indovison

  • Tipe antena mini offset LNB KU Band, untuk mengamankan signal di saat hujan, coba maksimalkan signalnya, contohnya sinyal Ninmedia akan tidak terganngu jika signal yang di dapat di atas 75 % (hasil pengamatan sendiri), atau bisa coba arah konektornya mengarak ke bawah, cara ini menghindari masuknya air ke bagian konektor.
  • Diseqc, multiswitch yang rusak bisa juga mengakibatkan tidak sampainya sinyal ke receiver, gantilah jika kerusakan ada pada bagian ini. Jangan lupa pengaturan port LNB di menu pengaturan LNB mengikuti satelit ke switch, Jika masuknya ke LNB 1 maka di menu harus aktifkan/ On LNB 1 dan seterusnya.

Cara penting meningkatkan sinyal parabola biasa
  • Untuk memaksimalkan signal frekwensi siara berpolarisation H (Horisontal) pengaturannya coba naik atau turunkan LNB, jarak antara antena parabola ke LNB umumnya di kisaran angka 36, 38 untuk ukuran antena parabola 6/ 8 feet, dish ram/ jaring 9/ 10 feet atur di angka LNB 38, 42, sesuaikan dengan memaksimalkan signal yang bisa di kunci dengan sempurna (fungsi angka - angka di body LNB itu untuk menentukan jarak ketepatan/ tinggi antara dasar/ fokus antena parabola dengan dudukan LNB sehingga menghasilkan kwalitas signal penangkapan yang maksimal).
    Untuk memaksimalkan signal frekwensi chanel dengan polarisation V (Vertikal) atur sambil diputar arahnya ke kiri atau ke kanan LNB tanpa merubah angka jarak antara antena parabola ke LNB.
  • Hindari penggunaan spliter bentuk T untuk paralel/ membagi signal ke lebih dari 1 receiver. Selain polaris akan saling berbentrokan bisa mengakibatkan kerusakan pada receiver.
  • Baiknya menggunakan sistem kabel grounding pada antena parabola untuk menghindari jika sewaktu-waktu terkena sambaran petir.

Solusi akhir cara perbaiki sinyal tv parabola
Tukang service peralatan parabola merupakan solusi/ jalan keluar terakhir untuk perbaikan, khususnya pada kasus receiver tidak hidup alis mati total ataupun kerusakan hanya pada bagian tuner receiver. Sedangkan untuk pengaturan pada bagian tracking antena parabola anda bisa belajar dengan sendirinya asalkan punya kemauan terus belajar, siapa tahu bisa menjadi teknisi/ instaler antena parabola di daerah anda.
FIY. Sebelum melakukan langkah-langkah di atas, pastikan gangguan bukan berasal dari penyedia konten/ siaran yang mengalami gangguan signalnya.
Semoga artikel cara perbaiki sendiri signal tv satelit parabola bisa membantu, terutama yang berada jauh dari kota atau juga tidak adanya teknisi di tempat anda.

4 Responses to "Cara perbaiki sendiri signal tv satelit parabola"

  1. bagus gan, artikelnya komplit.. jadi tahu step step nya jika mengalami gangguan parabola tv satelit..

    ReplyDelete
  2. Bang saya mau tanya klw punya saya suka mendadak hilang siaran nya gtu apa kan ad kerusakan dari reciver nya ap dari parabola nya bang trims ya

    ReplyDelete
  3. numpang tanya gan : saya punya reciver hitech hd888+ waktu dipakai indomi dengan tiket fly lancar jaya, sekarang saya pakai untuk ninmedia kok gak dapat signal, saya coba reciver skybox a-1 lancar jaya. seting sudah sama. mohon pencerahannya gan thank's

    ReplyDelete
  4. Gan cara grounding gimna ? Bisa dj jelasakan lebih speks..

    ReplyDelete