Cara gabung 2 LNB pakai 1 antena parabola. | Nonton tv pakai parabola

Cara gabung 2 LNB pakai 1 antena parabola.

Cara gabung dan pakai 2 buah LNB C Band 1 antena parabola, cara menggabungkan 2 satelit (LNB) dengan hanya menggunakan 1 antena parabola. Trik antena parabola ini bisa di bilang cara tambah satelit tanpa merubah arah antena parabola, dipakai untuk pointing/ mendapatkan siaran ke arah satelit Palapa D, Telkom 1 atau Asiasat 3S dan Asiasat 5/2, dengan cara menggabungkan 2 LNB C Band 1 antena parabola digital maupun bekas analog :

Cara menggabungkann LNB di antenna parabola :
  • Pastikan ukuran dish - antena parabola yang akan di pakai itu ukurannya berapa feet untuk mengetahui/ atau menghitung jarak antara LNB 1 dengan LNB yang ke 2.
  • Gunakan atau modifikasi sendiri dudukan/ scalar ring LNB C Band sesuai ukuran antena parabola yang akan di pakai cara menghitung jarak antar LNBF berdasarkan ukuran antena parabola
  • Atur LNB yang ada di tengah antena/ fokus, dilanjutkan dengan LNB berikutnya yang terletak di arah Barat ataupun Timur.

Pengaturan di antena parabola dan receiver
Pasang LNB 1 di Fokus, LNB 2 posisinya di atas/ arah Timur. Trik antena parabola selanjutnya untuk bisa mengunci sinyal semua chanel FTA yang diacak sekalipun di satelit Palapa D dan Telkom 1, lakukan pengaturan di receiver/ dekoder untuk Palapa D, pilih chanel RCTI frequnsi 3774 H symbole rate 6520, Telkom 1 pada chanel Trans 7 freq. 4085 symbol rate 6000, (untuk saat ini chanel RCTI/ Global TV & Trans 7 kualitas sinylnya lemah/ kecil)
Setelah kedua sinyal chanel tersebut sudah bisa di lock/ kunci dengan bagus/ maksimal, silahkan melakukan pencarian otomatis/ buta di receiver, maka otomatis semua chanel di kedua satelit tesebut bisa kita dapatkan.

Alat untuk menggabungkan 2 LNB C Band tersebut, bisa pakai switch 22K/ DisEqc di letakkan pada bagian antena parabola (masukkan dalam botol bekas air mineral agar tahan & tidak mudah berkarat, rusak) kemudian atur di menu receiver untuk satelit Palapa D 22 K di posisi Off, pada satelit Telkom 1 22 di posisi On.

Pengaturan Multiswitch untuk lebih dari 2 LNB/ banyak LNB
Untuk menggunakan 4 LNB, caranya tambah 2 scalar ring pada bagian atas atau arah Timur dengan mengukur terlebih dahulu jarak antara LNB, besarnya antena parabola yang akan di gunakan, urutan atau susunannya dari arah Timur ke Barat : Asiasat 2/5 LNB 1, Asiasat 3S LNB ke-2, Telkom 1 LNB ke-3, Palapa D LNB 4/ di fokus antena parabola, bisa juga urutan pengaturannya untuk mecari 2 satelit Chinasat 6B & Palapa D, jika Palapa D di tempatkan dengan Chinasat 6B yang full chanel China plus CCTV HD sering ada gratisan/ FTA nonton event sepak bola secara langsung tanpa di acak seperti World Cup, UEFA EURO & event olah raga lainnya.
Jarak antara satelit Asiasat 3S, asiasat 5 dan palapa D masing-masing berbeda jaraknya.
Untuk bisa menggunakan 2 atau lebih reciver dalam 1 antena parabola silahkan gunakan Multiswitch (sangat mudah penggunaannya buat pemula) atau sekalian pakai LNB quadro bisa untuk 4 receiver, untuk bisa menikmati polarisasi H atau V tanpa mengikuti polarisasi receiver lainnya (masing-masing bebas memilih chanel mengikuti setingan polarisasi), dengan alat ini bisa menggunakan banyak receiver, 1 antena parabola banyak tv, 1 parabola 2 tv, 3 tv, 4 tv, yang di kenal dengan istilah paralel tv.

Lihat juga : Tabel cara menentukan berapa jarak antara LNB
Tips menggabungkan 2 satelit, 2 antena parabola, selain bisa sama-sama menggunakan LNB C Band, bisa juga penggabungan antara LNB C Band dengan LNB KU Band, ataupun antara antena parabola biasa (ram/ jaring) dengan antena offset kecil seperti yang umumnya digunakan oleh Indovision, Top tv, Okevision, Big TV, Aora tv, Ninmedia.

2 Responses to "Cara gabung 2 LNB pakai 1 antena parabola."

  1. Saya punya dish ex Telvis plus receiver tanaka lengkap, sayang juga kalo jadi rongsokan, belinya aja 800rb, kira2 bisa di modif 2 lnb c gak yach? lumayan juga kalo bisa.

    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau berdayakan antena bekas Telkomvision sekarang Trans Vision bagusnya pakaikan LNB KU Band, LNB C Band blum bisa mendapatkan signal selain frekwensinya tv berlangganan Telvis.

      Delete