Usaha TV Kabel serta perkiraan harga membangun jaringannya | Nonton tv pakai parabola

Usaha TV Kabel serta perkiraan harga membangun jaringannya

Televisi kabel atau cable television adalah sistem penyiaran acara televisi lewat isyarat frekuensi radio yang ditransmisikan melalui serat optik yang tetap atau kabel coaxial dan bukan lewat udara seperti siaran televisi biasa yang harus ditangkap antena (over-the-air ) dengan menggunakan antena parabola yang di tempatkan dekat studio/ head end. Selain acara televisi, acara radio FM, internet, dan telepon juga dapat disampaikan lewat kabel. Dewasa ini tontonan televisi sering menjadi pilihan para masyarakat untuk menghibur dari kejenuhan, mencari informasi dan lain-lain.
Banyaknya bermunculan tv kabel di Indonesia membuat persaingan semakin panas. Ada banyak perusahaan besar mencoba menghalalkan segala cara termasuk menjelek-jelekan layanan tv kabel lainnya. Hal ini berdampak buruk bagi para konsumen yang semakin bingung nantinya untuk memilih berlangganan tv kabel dimana. TV Kabel berbeda dengan TV berlangganan, karena TV berlangganan menggunakan alat penangkat siaran (receiver) yang dipancarkan melalui satelit. Sementara TV Kabel disalurkan melalui jaringan kabel. Kemiripannya sama-sama diharuskan membayar biaya langganan yang besarnya ditentukan masing-masing pengelola.

Baca juga : Wajib diketahui sebelum memulai usaha tv kabel

Cara membuat TV Kabel :
  • Membuat central \ pusat tv kabel (headend) yang didalamnya ada rangkaian alat alat seperti : parabola, receiver, modulator, trunk amplifayer {alat penguat sinyal}, power supply, tap, spliter, yang di gabung menjadi satu.
  • medistribusikan hasil cental {signal} tersebut melalui kabel, yang di pasanng pada tiang tiang listrik dan telkom (tentunya setelah meminta ijin terlebih dahulu) yang setiap tiang, kabel akan di potong dan di beri alat penyambung, penguat sinyal untuk menyambung ke konsumen\pelanggan.

Sasaran dan Target Pelanggan
Sebelum membuat seudio sentral tv kabel perlu kita perhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  • Penempatan sentral yang sangat strategis yaitu banyak perumahan yang padat.
  • Taraf ekonomi masyarakat menengah ke bawah {di kota} bisa di simpulkan semakin banyak perumahan semkin banyak kesempatan meraih pelanggan. Target dalam 1 tahun pelanggan 350-500 pelanggan atau lebih. Tv kabel murah pasti menjadi pilihan pelanggan.

Sistem Kerja dan Pengembangan :
1. Sistem kerja yang perlu di lakukan
a. central tv kabel harus selalu di control di setiap saat
b. sebelum memasang ke pelanggan baru terlebih sahulu kita survey tempatnya
c. jaringan\kabel yang berada di listrik harus selalu di control
d. konsumen yang akan memasang\mendaftar
tentunya sudah menghubungi kantor,dan menyetujui syarat-syarat yang diajukan,dan sudah mengisi formulir. e. penagihan di lakukan oleh kolektor dengan mendatangi semua pelanggan untuk pembayaran setiap bulannya
2. Untuk pengembangan agar pelanggan banyak mencapai target, yaitu sebagai berikut :
a. sistim marketing, seperti marketing out door {pintu ke pintu} membagi brosur, melalui spanduk, dan lewat kegiatan acara seperti grand opening
b. strategi diskon
c. mengetahui perkembangan seputar tv kabel, apa aja yang lagi trend atau yang banyak diminati pelanggan,dan chanel\ siaran yang baru, contohnya mencari info chanel mana yang menayangkan siaran langsung sepak bola dunia, liga Inggris, Spanyol, Itali, liga champion tidak di acak siarannya.
d. jumlah chanel tv kabel yang banyak

Biaya pembuatan TV Kabel :
Biaya Investasi dan Peralatan yang diperlukan :
Modulator : 7 unit unit @ Rp 1.500.000
Reciver khusus 15 unit @ Rp 700.000
Reciver umum 10 unit @ Rp 500.000
Converter tv 4 buah @ Rp 200.000
Power supply 2 buah @ Rp 1.000.000
Booster besar 4 buah @ Rp 1500.000
Booster kecil 4 buah @ Rp 200.000
Spliter indoor 2way 50 buah @ Rp 5000
Spliter indoor 4 way 20 buah @ Rp 10.000
Spliter out door 10 buah @ Rp 150.000
Kabel rg 11 5 Roll @ Rp 1700.000
Kabel rg 6 - 5 roll @ Rp 300.000
Rf adaftor fitru 100 biji @ Rp 20.000
Antena Parabola 3 unit @ Rp 700.000
Jack antena 300 biji @ Rp 2000.00
Conector rg 6 - 500 biji @ Rp 1000
Db tes 2 buah @ Rp 1.500.000
Tap outdoor 50 buah @ Rp 1.50.000
Tangga 1 buah @ Rp 2.000.000, kalau kemahalan bisa dibuat dari bahan bambu (bisa mengurangi anggaran)
Tool box (palu ,solasi,klem ,kabel,rubber scot,dll) 1 st @ Rp 2000.000
Silahkan di perkirakan total anggaran di atas.

2. biaya teknisi 20 juta
3. biaya membuat izin penyiaran contoh 10 juta
4. biaya akomodasi 1,5 juta (ongkos pembelian alat,makan,penginapan jika di perlukan)
5. biaya pengiriman barang contoh 500 ribu
6. biaya pembelian motor untuk kegiatan kerja rutin 5-10 juta
Jadi untuk biaya modal awal kuarang lebih Rp93.270.000 - ingga 100 juta.

Selain biaya modal awal seperti di atas ada juga biaya perawatan rutin, setiap bulannya.
1. listrik contoh 250 ribu per bulan
2. sewa rumah contoh ribu per bulan
3. bayar gaji karyawan contoh 3,6 juta untuk 3 karyawan per bulan (@Rp. 1,2jt)
4. pembelian alat, klem kabel, kabel, boster tap, spliter, solasi (alat menyambung atau perawatan) \ bulan contoh 2 juta.

Management usaha tv kabel :
Pihak investor adalah pemilik saham utama, bisa juga dengan beberapa orang sebagai pemegang saham.
a. karyawan yang dibutuhkan kurang lebih 2-4 orang
2 orang teknisi
1 orang operator + marketing + admin
1 orang kolektor (penagih uang bulanan/bendahara/keuangan)
b. menetukan tarif pemasangan pertama dan biaya langganan per bulan yang akan di bayar oleh pelanggan setiap konsumen "Contoh" pemasangan pertama 50.000 ribu dan biaya ada 20.000ribu. 25.000 ribu per bulan Laba/ Income:
Laba atau keuntungan di tentukan oleh banyaknya pelanggan. contoh pelanggan 500, 500 pelanggan x Rp. 35.000 biaya langganan = Rp.......juta Di potong biaya kebutuhan perbulan yang di keluarkan oleh perusahaan contoh: 7 juta Jadi 1 juta (pemasukan dari pelanggan) – 7 juta (cost opererasional bulanan di keluarkan oleh perusahaan) = Rp. .500.000 per bulan.
Ini hanya rincian kasar atau perkiraan awal membangun usaha tv kabel rumahan, karena beda tempat bisa berbeda harga, thanx buat Bro Deddy yang sudah mengijinkan postingan ini di share pada blog tv parabol.
Selain perkiraan biaya teknis di atas, patut di persiapkan biaya untuk menjadikan usaha tv kabel anda legal dan memiliki ijin penyiaran sah yang harus di awali dengan membentuk badan usaha, kotrak konten siaran dengan pemegangan hak siar masing-masing chanel yang nantinya akan di salurkan ke pelanggan.
Prakiran harga awal tv kabel dalam artikel ini selain untuk digunakan ke lingkuangan sekitar anda , bisa juga di jadikan acuan perencanaan membangun CATV/ MATV studio untuk Hotel, penginapan, perkantoran
Tertarik dengan usaha tv kabel ini ? atau anda sudah punya modal awal untuk memulai bisnis ini dan sedang mencari teknisi untuk mengerjakannya, silahkan tinggalkan nomor telpon anda di kolom komentar atau langsung kirim pesan lewat menu Contact me, ada teknisi kami yang siap di ajak kerja ke seluruh wilayah Indonesia, yang bias di andalkan untuk membangun jaringan tv kabel di lokasi perkampungan, perumahan, hotel anda.

Ulasan diatas adalah tv kabel menggunakan antena parabola yang biasanya ditemui pada perumahan/ pemukiman penduduk, tv kabel hotel, apartemen, kost, kosan. Saat ini mulai berkembang adanya tv kabel tanpa antena parabola, dengan alat penerimanya menggunakan Android box yang sudah di instal, plug in, add on coding, Kodi, XBMC sebagai receivernya yang disalurkan melalui kabel Rj45 atau menggunakan jaringan wifi dan internet untuk menyalurkan chanelnya ke pelanggan dengan cara mendapatkan alamat IP dari penyedia, anggaran membuat tv kabel tanpa antena parabola lebih murah dibanding tv kabel rumahan.

43 Responses to "Usaha TV Kabel serta perkiraan harga membangun jaringannya"

  1. mastr ane mau nanya soal tv cable, kalo misalnya radius sampe 30 km ap masih sanggup ya & berapa bosster yg harus di sediain thanks slm kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari referensi tv kabel pakai Fiber Optic, soal berapa jaraknya tidaklah masalah

      Delete
  2. apakah hanua itu aja alat-alat yg di perlikan untuk bikin usaha kabel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau usaha tv kabel, awalnya bisa dengan peralatan yang ada di artikel ini

      Delete
  3. lumayan gan
    harganya bisa ta jadiin referensi buat beli ntarnya
    kunjungi juga website kami www.alatantrian.com

    ReplyDelete
  4. Saya punya alternatif solusi bagi agan yang ingin membangun usaha TV Kabel, hanya dengan menggunakan satu komputer sudah bisa menyiarkan 100+ channel. Tahan cuaca, gambar tanpa semut dan bayang. Teknologi seperti INDIHOME.
    https://www.youtube.com/watch?v=Pgj95Z6-zZo
    Silakan kontak 085230217137. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK juga tuh mas Roynly... system IPTV, harus punya koneksi yang stabul sama kuota yang cukup pastinya, contohnya untuk yang mau coba bisa baca artikel ini : Cara berlangganan internet hemat super kuota 24 jam selama sebulan pemakaiaanya selain berlangganan internet stabil ke penyedia jaringan internet seperti Visat, Telkom dan lainnya.
      Makasih mas Roynly dah mampir dimari...salam sukses. (mas PM alamat IP nya, kali bisa nyoba streamingnya..hehehe>

      Delete
    2. Acara kita ambil dari satelit, kita juga bisa bikin channel sendiri dengan video yang diulang-ulang misalnya. Ke pelanggan menggunakan kabel LAN, untuk yang jauh bisa di pakai perangkat RT/RW Net, di pelanggan menggunakan android box (udah makin murah harganya). Kalau pelanggan mau sekalian langganan internet bisa kita sediakan juga, android box-nya kan udah bisa jadi hotspot :) Maaf belum ada rencana di koneksikan ke IP public heheh... sukses selalu juga buat agan2...

      Delete
    3. Wah mantep kalo sedia juga jaringan internet ke pelanggan, jadi one stop solution donk...
      iya..box android makin mudah dapatnya, makin murah lagi sekarang.

      Delete
    4. Sangat tertarik mas, coba saya pelajari dulu dari mas rony, kalo sudah mudeng dan masih tertarik, tak ngumpulin duit buat modal hehe syukur2 bida kerja sama buat mbangun internet di rural area.

      Delete
    5. numpang nanya boss...saya sudah jalan usaha tv kabel, tapi mau rubah pake bts rt/rw..nah kebanyakan masih tv analog, mohon pencerahannya untuk cara dan alat yang diperlukan untuk penyiaran serta penangkapan (di rumah konsumen)

      Delete
    6. numpang nanya, saya sudah punya usaha tv kabel tetapi mau dirubah menggunakan wifi...alat apa saja yang dibutuhkan utnuk melakukan siaran melalui wifi rt/rw dan alat apa saja yang diperlukan di rumah konsumen yang rata-rata masih menggunakan tv analog..

      Delete
  5. Bos. Saya udah ada usaha tv cabel. Saya mau mengrus izin izin penyiaran.kami berbebtuk badan ( cv ) apakah bisa di bantu. Hub saya 085266818395 saya daerah sumatra ( jambi )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bos langsung aja ke kantor KPID di daerah bos

      Delete
  6. Good nyus
    Pengen tp blm dpt tempat yg cocok

    ediekon@gmail.com

    ReplyDelete
  7. Tahapan izinnya bagaimana ya Gan?

    ReplyDelete
  8. Bisa minta nomor telepon nya mas, soalnya saya udah punya usaha tv kabel, mau sering" soal pengelolaan tv kabel,,, soalnya saya baru mengelutinya,,,, ini nomor hp saya 085340641779,,, alamat saya di sulsel,,,, tepatnya di sidrap

    ReplyDelete
  9. Mantap juga tuh penyaluran siaran tv melalui wifi. Sy tertarik dengan sistem itu. Ada nomor yang bisa di hubungi

    ReplyDelete
  10. Saya baru berencana ni buka tv kabel dan tertarik dengan menggunakan wifi. Ada nomor yang bisa dihubungi

    ReplyDelete
  11. izin pak untuk menjadikan blog bapak referensi tugas kuliah saya. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  12. boleh juga tu,mas! Kslau saya minat ama yg pake internet,kira2 brapa modal awalnya,mas?

    ReplyDelete
  13. yang berminat buka usaha tvkabel, takeover wilayah Kalimantan timur , sudah bergabung dengan komunitas tvkabel berbadan hukum, menggunakan sistem Analog dan Tv digital . berminat hubungi 08115997869

    ReplyDelete
  14. yang berminat lanjukan usaha tv kabel wilayah Kalimantan timur , sdh memakai analog dan tv digital , dan bergabung dikomunitas tvkabel.yang berminat hubungi 08115997869

    ReplyDelete
  15. Mau tanya mas, apakah kalo dlm suatu wilayah sudah ada tv kabel, apakah msh bisa pemain baru buka usaha tv kabel ditempat tersebut
    Tks

    ReplyDelete
  16. Mantabbb....saya kalau modal 50% 50% bisa aku mau joinan kalau ada yg minat

    ReplyDelete
  17. Saya ibgin buka usaha tv kabel no saya 082254405558 lokasi kalimantan tengah,kabupaten kapuas,kecamatan kapuas barat

    ReplyDelete
  18. Gan saya berlokasi di Pekanbaru dan saya ada dilokasi perumahan dan saya berminat mendirikan usaha tv kabel tp saya belum tau seluk-beluknya, jadi tolong bantu pencerahannya dan supply alat-alatnya.. thanks gan.

    ReplyDelete
  19. iklan yang diatas related post itu kok iklan porno ya, mending dilepas aja iklannya gan

    ReplyDelete
  20. Saya berlokasi di pati jateng.
    Pengen usaha tv kable.
    Tp blm tau langkahnya

    ReplyDelete
  21. Mas kalau kapasitas untuk 500 kk brapa perkiraan biaya nya ?

    ReplyDelete
  22. Mau tanya2 soal tv kabel mas
    Minta kontaknya

    ReplyDelete
  23. Gan gimana cara bikin MOU dgn penyadia siaran dan MOU fasilitas tiang pln...
    Mohon bantuannya gan....

    ReplyDelete
  24. Saya lokasi d tuban jatim gan rencana mau bukak usaha tv kabel tp saya sama sekali gak tau cara gmna mohon bantu cara dan suppley alat2 yg d butuhkan sampek jd gan

    ReplyDelete
  25. wah mantabs bener ini sharingnya mas
    salam kenal
    Parabola Semarang

    ReplyDelete
  26. Saya juga minta buat saluran TV penyiaran

    ReplyDelete
  27. Minta buat TV seperti trans tv atau TVRI
    0816719998

    ReplyDelete
  28. 081250763440 lagi pengen buka usaha tv kabel... bisa dibantu ngak boss

    ReplyDelete
  29. Mohon sarannya gan....saya udah punya usaha tv kabel...rencn mw buka 20 km lg ...klw pake fiber optik kira2 core brp yg lbh mrh gan

    ReplyDelete
  30. saya mau buka usaha tv kabel di daerah saya di morotai maluku utara bisa hub saya di 08294858425

    ReplyDelete