Cari sinyal parabola pakai Android | Nonton tv pakai parabola

Cari sinyal parabola pakai Android

Semakin maju dan canggihnya tekhnologi saat ini menjadikan segala sesuatu dipermudah, contohnya untuk mengatur antena parabola sekarang kita bisa pakai gadget Android. Kenali bagian serta peralatan tambahan di antena parabola sebelum membeli. Tipe, bentuk antena parabola/ dish ada dua, tipe petal, solid offset dan focus bentuknya terdiri dari 6 bagian lembaran alumunium yang di sambungkan menjadi satu bagian yang melingkar sedangkan tipe jaring, mesh, ram terbuat dari jaring alumunium, semakinrapat jaringnya semakin bagus penerimaan signal dari setiap sateit untuk di pantulkan ke LNB.

Alat bantu pelengkap antena parabola :
  • LNB (Low Noise Block)
    Tipe LNB C Band bentuk karakteristiknya membentuk tabung di khususkan untuk satelit dengan frekwensi dan chanel menggunakan C band, contohnya satelit kita Palapa D, Telkom 1 sedangkan satlit luar bisa didapati pada satelit Apstar 6, Vinasat, Chinasat 6B, Chinasat 10, Asiasat 3S, Asiasat 5, Maesat 3, ST 2, Thaicom 5, ABS 5, Yamal 202.

    Tipe LNB KU Band bentunya beda tipis ada juga yang menyerupai botol kecil yang di sebut offset, tipe KU Band di negara kita masih sebatas di gunakan oleh penyedia TV Berbayar, berlangganan seperti AORA, BIG TV, Orange TV, tipe ini rentan dengan musim hujan, mendung saja signalnya akan rusak, no signal.

    S Band LNB di temui jika kita berlangganan tv berbayar Indovision, Top TV.
  • Receiver, decoder, digital parabola.
    Receiver, decoder tipe formatnya setelah masa analog beralih ke digital itu tipe format ada yang masih mpeg 2 ada yang sudah mpeg 4 bahkan ada embel-embel HD pula. Dibanding mpeg 2, mpeg 4 punya kelebihan pastinya, apalagi untuk mengatasi signal channel SCTV yang hilang jika menggunakan antena parabola ukuran 6 feet.
Sudah mulai paham dengan sedikit penjelasan diatas, mari kita lanjutkan bagaimana cara pasang antena parabola sendiri di rumah, kantor, hotel atau di mana saja kecuali diatas kapal laut.

Awal pasang antena parabola.
Paket pembelian dari toko selalu terpisah-pisah dalam kemasannya.
Selesai dirakit dan terpasang, langsung saja di pasangkan ke tiang yang sudah di buat sebelumnya, untuk yang langsung di atas tanah pada bagian bawah tiang selain di cor pakai semen beton, bisa pakai batang besi, las sambungkan membentuk tripot dengan 3 ujung besi, biar kuat ganjal pakai pemberat bisa besi, bisa juga batu sebagai penahannya.

Cara atur antena parabola pakai gadget android.
Antena parabola sudah terpasang bingung mau di arahkan ke mana ? jangan bingung yaaa... apalagi punya gadget hp, smartphone Android bisa instal aplikasi gratis kompas, sat finder bisa juga apk.Norsat Satellite Locator(ada tutorial video cara pakainya) , Sat35 Demo. Pakai kompas untuk mengira-ngira arah mata angin Barat Timur. Mengapa Barat Timur ? karena orbit serta letak satelit hanya di garis yang melintas dari Timur Ke Barat. Mau bukti ? dasarnya bisa buka situs lyngsat.com disana cuma ada satelit dengan derajat Barat dan Timur. Punya gadget Android dengan hanya menggunakan aplikasi Sat Finder kemudian arahkan atas langit akan nampak garis yang melitas dari Barat ke Timur atau sebaliknya dengan tampilan derajat saja, buka lagi lyngsat.com atau bisa buka aplikasi Sat35 Demo, baca cari nama satelit beserta derajatnya.
Kembali ke antena parabola, atur arah satelit dengan dengan menggunakan busur derajat, tempelkan ke bagian besi yang di gunakan untuk meletakkan antena , namyan mounting (ada yang berbentuk H ada juga T) pada samping kiri ada besi tipis yang membertuk setengah lingkaran, tempel busur derajatnya , sesuaikan derajat dari hasil pantauan menggunakan aplikasi sat finder, jangan lupa atur kemiringan antena, di antena parabola, jangan lupa jadikan artikel cara awal atur antena parabola biar lebih paham.

Langkah pointing, scan chanel satelit di receiver.
Atur parameter frekuensi satelit di receiver, decoder dengan benar, jika belum ada data frekwensi bisa isikan secara manual. Untuk melihat pergerakkan naik turunnya sinyal nanti bisa pakai alat satellite finder, manadoparabola biasanya pakai model SF-9502 sudah cukup membantu. Tidak punya satellite finder tapi punya laptop, notebook solusinya pakai USB EasyCAPture tinggal kita melihat langsung ke monitor laptop, notebook.
Kembali ke antena parabola, gerakkan arah dengan menaik turunkan dari Barat ke Timur atau sebaliknya, setelah ketemu, dapat signal yang maksimal, kuat segerak kunci dengan rapat baut - baut yang ada di bagian mounting serta batang penggerak antena, scan secara manual, otomatis, scan buta untuk memunculkan daftar channel yang ada di satelit yang di jadikan dasar atur antena parabolanya.

Baca juga : Cara cari signal tv satelit pakai hp android dan laptop

Cara atur antena parabola tidaklah sesulit yang di bayangkan asalkan selalu mau mencobanya. Untuk mendapatkan banyak tayangan gratis, FTA channel bisa mengarahkan ke satelit lain, jadikan dasar signal terkuat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara menguatkan sinyal antena parabola.
Sinyal horisontal maksimalnya akan di dapat dengan menaikkan atau menurunkan LNB pada besi bulat tempat dudukkanya, sedangkan polaris vertikal hanya memutar ke arah kiri atau kanan, usahakan titik 0 Nol di bagian atas LNB C Band tepat mengarah ke Barat bisa juga Timur.

10 Responses to "Cari sinyal parabola pakai Android"

  1. makasih gan info ny sukses.
    mampir juga ke sini gan http://visisat.wordpress.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir di blog tv parabol, web milik bro Maxx tuh...

      Delete
  2. ada gk ea yg jual easy capture di daerah tegal

    ReplyDelete
  3. di tegal ada gk ea yg jual easy capture

    ReplyDelete
  4. kalo pakai easycapture,ada tdk tertulis kemiringan atau arah antena d monitor mohon infox??

    ReplyDelete
  5. satfinder hanya bisa di pake di android ber merek ya gan,android china ga bisa di pake compasnya ga jalan,

    ReplyDelete
  6. Min darah bnten jawa barat thaicom5 bisa dilok ga pake lnb kuben,diss bekas prabayar ,tolongyamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daerah Jawa Barat masih bisa koq dapat signalnya Thaicom 5 KU band, di coba aja pelan-pelan.

      Delete
    2. Jatim(surabaya) apakah msh bisa ngga ngelock thaicom. Pake dish aora lnb universal single . rx mmp lombok

      Delete
  7. Gan di nias barat bisa gak look satelit ninmedia,,,
    Mohon informasinya gan

    ReplyDelete